Apa Sih, Arti Lambang GP Ansor ?


Assalammu'alaikum wr. wb.

Sahabat GP Ansor adalah organisasi kepemudaan yang lahir dari rahim Nahdhatul Ulama, organisasi ini pada awalnya bernama Gerakan Pemuda Ansor disingkat menjadi GP Ansor sebagai kelanjutan dari Ansoru Nahdhatul Oelama (ANO), AD/ART NU diubah menjadi Gerakan Pemuda Ansor Nahdhatul Ulama yang selanjutnya disebut GP Ansor, didirikan pada 10 Muharram 1353 Hijriah atau bertepatan dengan 24 April 1934 di Banyuwango, Jawa Timur untuk waktu yang tidak terbatas. Dan pusat Organisasi  Gerakan Pemuda Ansor berkeduduka  di Ibukota Negara Republik Indonesia.

Geraka  Pemuda Ansor, beraqidah Islam Ahlussunnah Wal Jama'ah dengan menempuh manhaj dalam bidang fiqih salah satu madzhab empat : Hanafi, Maliki, Syafi'i atau Hambali. Abu Hasan Al-Asy'ari dan Abu Mansur Al-Maturidi manhaj dalam bidang teologi. Al-Ghazali dan Junaidi Al-Baghdadi manhaj dalam bidang tasawwuf dan Al-Mawardi manhaj dalam bidang siyasah.

Gerakan Pemuda Ansor berasaskan Ke-Tuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Arti Lambang GP Ansor



Segitiga sama sisi keseimbangan pelaksanaan ajaran Islam Ahlussunnah Wal Jama'ah yang meliputo Iman, Islam dan Ihsan atau ilmu tauhid, ilmu Fiqih dan ilmu tasawwuf.



Garis sisi kanan berarti Fiqih, garis sisi kiri berarti Tasawwuf dan segitiga garis bawah berarti Tauhid.



Garis tebal sebelah luar dan garis dalam sisi segitiga berarti keserasian dan keharmonisan hubungan antara Pimpinan (garis tebal) dan yang di pimpin (garis tipis).



Warna hijau berarti kedamaian, kebenaran dan kesejahteraan.



Sembilan Bintang, satu yang besar berarti Sunnah Rasulullah. Empat bintang sebelah kanan berarti Mazhab yang empat : Hanafi, Maliki, Syafi'i dan Hambali. Empat bintang sebelah kanan berarti sahabat Nabi (Khulafa 'Urrasyidin).



Bulan sabit berarti kepemudaan.



Tiga sinar kebawah berarti pancaran cahaya dasar-dasar agama yaitu : Iman, Islam dan Ihsan yang terhujam.



Lima sinar keatas berarti mani festasi pelaksanaan terhadap rukun Islam yang lima, khusuanya sholat lima waktu.


Jumlah sinar yang delapan berarti juga pancaran semangat juang dari Ashabul Kahfi dalam menentang kebathilan dan kedzoliman serta pengembangan agama Allah ke-delapan penjuru mata angin.



Tulisan ANSOR (huruf besar ditulis tebal) berarti ketegasan sikap dan pendirian.

Sahabat-sahabat itulah arti lambang GP Ansor, semoga bermanfaat untuk sahabat-sahabat semua.

Wassalammu'alaikum wr. wb.

Baca juga : Sejarah Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor)
Apa Sih, Arti Lambang GP Ansor ? Apa Sih, Arti Lambang GP Ansor ? Reviewed by Admin on April 29, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.